Kasus Trap – Ease America
Kelas :3b
Tugas : kasus pemasaran II
Trap –
Ease America: Jebakan Tikus yang Umpannya Besar
1)
Martha
dan investor Trap-Ease merasa mereka menghadapi peluang yang hanya muncul satu
kali seumur hidup. Informasi apa yang mereka butuhkan untuk mengevaluasi
peluang itu? Bagaimana pendapat anda mengenai pernyataan misi yang harus
ditulis oleh kelompok itu?
Jawab:
Mereka
membutuhkan berbagai informasi yang dapat menunjang perusahaan Trap-Ease untuk
bisa mencapai titik penjualan yang sudah di targetkan. Informasi-informasi yang dibutuhkan seperti menganalisis target
pasar, menganalisis kebutuhan pasar, menganalisis lingkungan mana yang
sekiranya membutuhkan lebih banyak trap-ease untuk di pasarkan sehingga peluang
yang muncul yang dapat dikatakan hanya datang sekali itu tidak percuma dan
lewat begitu saja atau dengan kata lain tepat sasaran. Dengan melakukan
analisis lingkungan pasar sebelumnya dan dengan hasil yang tepat maka sasaran
pasar yang di harapkan perusahaan dan para investor akan dapat tercapai.
2)
Sudahkah
martha mengidentifikasi pasar sasaran Trap-Ease? Apakah segmen pasar lain yang
bisa dibidik perusahaan itu?
Jawab:
Dalam teks
tersebut menyebutkan bahwa hasil riset Martha menyarankan bahwa wanita
merupakan pasar sasaran Trap-Ease , itu berarti bahwa Martha telah
mengidentifikasi pasar sasaran. Menurut
saya perusahaan dapat
membidik segmen pasar lain, yaitu
laki-laki, kenapa mereka lebih memilih jebakan tikus tradisional karna mereka
masih menganggap bahwa jebakan
tradisional itu masih lebih baik dari pada Trap-ease, maka dari itu untuk
membidik segmen sasaran pasar lain perusahaan harus mengiklankan atau
mempromosikan trap-ease ini sedemikian menarik sehingga terlihat bahwa jebakan
tikus ini patut digunakan dan fungsi kerjanya lebih baik dari pada jebakan
tikus biasa/tradisional. Dengan begitu walu harganya jauh lebih tinggi asalkan
kkinerja dari produk tersebut baik, maka segmen pasar lain tidak akan kecewa
terhadap barang yang telah mereka beli.
3)
Bagaimana
penetapan posisi Trap-Ease dibandingkan pasar sasaran yang dipilih? Dapatkah
perusahaan itu memposisikan produk tersebut dengan cara lain.
Jawab:
Trap-ease di posisikan sebagai jebakan tikus yang
memiliki banyak keunggulan di banding racun tikus ataupun jebakan tikus
tradisional. Ini adalah jebakan tikus yang aman dan tanpa resiko karena tidak
membahayakan dan meracuni anak-anak atau binatang piaraan sedangkan pasar
sasaran yang bidik hanyalah wanita. Seharusnya trap-ease harus diposisikan
tidak hanya untuk wanita, tetapi laki-laki juga, karena wanita memang tidak
menyukai “sampah” tsb, tetapi yang paling banyak bergerak untuk membasminya
adalah laki-laki. Perusahaan seharusnya
dapat memposisikan produk untuk laki-laki juga, produk jangan hanya diposisikan
sebahgai produk aman, tetapi juga produk yang wajib digunakan dalam setiap
rumah yang terdapat “sampah” tsb.
4)
Gambarkan
bauran pemasaran Trap-Ease saat ini. Apakah anda melihat masalah yang terkait
dengan bauran itu?
Jawab:
Bauran
pemasaran (marketing mix) dalam Trap-Ease saat ini sepertinya sudah melalui
tahap-tahap nya, yang pertama yaitu product, trap-ease adalah produk yang
dikenal melalui kontes produk baru yang
dipamerkan, dalam acara kontes tersebut dengan mendapat urutan pertama sudah
pasti produk baru nomer satu ini berkualitas. Yang ke-2 price, harganya memang
lebih tinggi dari pada jebakan tradisional dan ini mungkin sedikit
masalah, yang ke-3 place, dalam hal
tempat pemasaran tidak bermasalah, semua di lakukan untuk sasaran pasar dapat
dengan mudah memperoleh trap-ease ini,baik dipasarkan melalui rantai grosir
sampai dipasarkan langsung ke pengecer. Lalu yang terakhir yaitu promotion,
dalam hal promosi menurut teks sudah melalui berbagai media hanya yang kirang
adalah isi dari pada iklan tsb, kurang mendorong segmen pasar untuk membeli dan
membutukhan barang tsb. Jadi kesimpulannya yang bermasalah hanya pada price dan
promotion. Harga sebaiknya tidak terlalu tinggi, dan promosi harus lebih
kreativ sehingga sasaran pasar berfikir bahwa mereka membutuhkan trap-ease
untuk mereka gunakan dengan membeli trap-ease tsb terlebih dahulu.
5)
Siapakah
pesaing Trap-Ease America?
Jawab:
Pesaing
trap-ease ameirca mungkin Emerson yang kira-kira akan membuat jebakan tikus yang lebih baik. Tetapi karena
laki-laki lebih menyukai jebakan tikus tradisoional dengan penjepitnya, berarti
jebakan tikus tradisional dengan harga yang relatif murah masih menjadi produk
pembasmi tikus yang banyak diminati.
6)
Bagaimana
cara anda mengubah strategi pemasaran Trap-Ease? Jenis prosedur pengendalian
apa yang akan anda gunakan untuk strategi itu?
Jawab:
Trap-ease masih belum memiliki pasar sasaran yang kuat,
dan penjualan trap-ease masih belum mencapai target yang diharapkan investor.
Maka dari itu trap-ease harus mengubah strategi pemasarannya.dalam hal promosi
seharusnya trap-ease bisa lebih memposisikan penggunaaan trap-ease pada semua
kalangan, baik wanita, pria, orang dewasa, anak muda, lansia, dsb. Karna mereka
semua pun pasti perlu untuk membasmi tikus. Promosi dengan cara memberikan
potongan harga juga dapat dilakukan agar menarik minat konsumen untuk lebih
mengetahui, dan memperkenalkan produk yang sebenarnya sudah terkenal.
Mengendalikan target pasar sasaran
dengan membuat mereka lebih membutuhkan dan harus menggunakan trap-ease ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar