Senin, 30 Juli 2012

Kasus Trap-Ease America


Kasus Trap – Ease America


Kelas    :3b
Tugas   : kasus pemasaran II


Trap – Ease America: Jebakan Tikus yang Umpannya Besar
1)      Martha dan investor Trap-Ease merasa mereka menghadapi peluang yang hanya muncul satu kali seumur hidup. Informasi apa yang mereka butuhkan untuk mengevaluasi peluang itu? Bagaimana pendapat anda mengenai pernyataan misi yang harus ditulis oleh kelompok itu?

Jawab:
Mereka membutuhkan berbagai informasi yang dapat menunjang perusahaan Trap-Ease untuk bisa mencapai titik penjualan yang sudah di targetkan. Informasi-informasi  yang dibutuhkan seperti menganalisis target pasar, menganalisis kebutuhan pasar, menganalisis lingkungan mana yang sekiranya membutuhkan lebih banyak trap-ease untuk di pasarkan sehingga peluang yang muncul yang dapat dikatakan hanya datang sekali itu tidak percuma dan lewat begitu saja atau dengan kata lain tepat sasaran. Dengan melakukan analisis lingkungan pasar sebelumnya dan dengan hasil yang tepat maka sasaran pasar yang di harapkan perusahaan dan para investor akan dapat tercapai.

2)      Sudahkah martha mengidentifikasi pasar sasaran Trap-Ease? Apakah segmen pasar lain yang bisa dibidik perusahaan itu?

Jawab:
Dalam teks tersebut menyebutkan bahwa hasil riset Martha menyarankan bahwa wanita merupakan pasar sasaran Trap-Ease , itu berarti bahwa Martha telah mengidentifikasi pasar sasaran. Menurut  saya  perusahaan dapat membidik  segmen pasar lain, yaitu laki-laki, kenapa mereka lebih memilih jebakan tikus tradisional karna mereka masih menganggap  bahwa jebakan tradisional itu masih lebih baik dari pada Trap-ease, maka dari itu untuk membidik segmen sasaran pasar lain perusahaan harus mengiklankan atau mempromosikan trap-ease ini sedemikian menarik sehingga terlihat bahwa jebakan tikus ini patut digunakan dan fungsi kerjanya lebih baik dari pada jebakan tikus biasa/tradisional. Dengan begitu walu harganya jauh lebih tinggi asalkan kkinerja dari produk tersebut baik, maka segmen pasar lain tidak akan kecewa terhadap barang yang telah mereka beli.

3)      Bagaimana penetapan posisi Trap-Ease dibandingkan pasar sasaran yang dipilih? Dapatkah perusahaan itu memposisikan produk tersebut dengan cara lain.

Jawab:
Trap-ease di posisikan sebagai jebakan tikus yang memiliki banyak keunggulan di banding racun tikus ataupun jebakan tikus tradisional. Ini adalah jebakan tikus yang aman dan tanpa resiko karena tidak membahayakan dan meracuni anak-anak atau binatang piaraan sedangkan pasar sasaran yang bidik hanyalah wanita. Seharusnya trap-ease harus diposisikan tidak hanya untuk wanita, tetapi laki-laki juga, karena wanita memang tidak menyukai “sampah” tsb, tetapi yang paling banyak bergerak untuk membasminya adalah laki-laki.  Perusahaan seharusnya dapat memposisikan produk untuk laki-laki juga, produk jangan hanya diposisikan sebahgai produk aman, tetapi juga produk yang wajib digunakan dalam setiap rumah yang terdapat “sampah” tsb.


4)      Gambarkan bauran pemasaran Trap-Ease saat ini. Apakah anda melihat masalah yang terkait dengan bauran itu?

Jawab:
Bauran pemasaran (marketing mix) dalam Trap-Ease saat ini sepertinya sudah melalui tahap-tahap nya, yang pertama yaitu product, trap-ease adalah produk yang dikenal melalui kontes  produk baru yang dipamerkan, dalam acara kontes tersebut dengan mendapat urutan pertama sudah pasti produk baru nomer satu ini berkualitas. Yang ke-2 price, harganya memang lebih tinggi dari pada jebakan tradisional dan ini mungkin sedikit masalah,  yang ke-3 place, dalam hal tempat pemasaran tidak bermasalah, semua di lakukan untuk sasaran pasar dapat dengan mudah memperoleh trap-ease ini,baik dipasarkan melalui rantai grosir sampai dipasarkan langsung ke pengecer. Lalu yang terakhir yaitu promotion, dalam hal promosi menurut teks sudah melalui berbagai media hanya yang kirang adalah isi dari pada iklan tsb, kurang mendorong segmen pasar untuk membeli dan membutukhan barang tsb. Jadi kesimpulannya yang bermasalah hanya pada price dan promotion. Harga sebaiknya tidak terlalu tinggi, dan promosi harus lebih kreativ sehingga sasaran pasar berfikir bahwa mereka membutuhkan trap-ease untuk mereka gunakan dengan membeli trap-ease tsb terlebih dahulu.



5)      Siapakah pesaing Trap-Ease America?

Jawab:
Pesaing trap-ease ameirca mungkin Emerson yang kira-kira akan membuat jebakan  tikus yang lebih baik. Tetapi karena laki-laki lebih menyukai jebakan tikus tradisoional dengan penjepitnya, berarti jebakan tikus tradisional dengan harga yang relatif murah masih menjadi produk pembasmi tikus yang banyak diminati.

6)      Bagaimana cara anda mengubah strategi pemasaran Trap-Ease? Jenis prosedur pengendalian apa yang akan anda gunakan untuk strategi itu?

Jawab:
Trap-ease masih belum memiliki pasar sasaran yang kuat, dan penjualan trap-ease masih belum mencapai target yang diharapkan investor. Maka dari itu trap-ease harus mengubah strategi pemasarannya.dalam hal promosi seharusnya trap-ease bisa lebih memposisikan penggunaaan trap-ease pada semua kalangan, baik wanita, pria, orang dewasa, anak muda, lansia, dsb. Karna mereka semua pun pasti perlu untuk membasmi tikus. Promosi dengan cara memberikan potongan harga juga dapat dilakukan agar menarik minat konsumen untuk lebih mengetahui, dan memperkenalkan produk yang sebenarnya sudah terkenal. Mengendalikan  target pasar sasaran dengan membuat mereka lebih membutuhkan dan harus menggunakan trap-ease ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar