Senin, 30 Juli 2012

KASUS ROBOT AIBO

KASUS ROBOT AIBO

KELAS    : 3B
MK         : MANAJEMEN PEMASARAN
TUGAS  : STUDY KASUS PRODUK

AIBO: Mencari Pemain yang digerakan Tenaga Batery?
                Aibo dan Wee Bot adalah jenis robot peliharaan yang mengawali era baru makhluk digital. bentuk Aibo dan Wee Bot  dibuat seperti binatang peliharaan yaitu anjing, Aibo dan wee bot memiliki ciri yang berbeda. Jika aibo depat merespon perintah melalui sentuhan dan perasaan, dengan menggunakan semacam alat pengontrol nada atau mode, Aibo dapat merespon perintah dengan ekspresi marah, sedih, gembira, gelisah, mengajak bermain,mengambil bola, dengan perintah yang berasal dari alat pengaturan itu, Aibo mengubah warna pada mata dan memainkan melodi sesuai perasaan yang dikontrol tetapi disayangkan karena full carger hanya dapat digunakan selama 1,5 jam. Sedangkan wee bot meiliki ciri warna orange pada badannya, dia dapat menaggapi perintah yang kita mau dengan menggunakan “translator” tanpa kabel yang mengubah keinginan pengguna ke dalam bahasa yang dapat dipahami oleh robot, dia juga dapat merespon anda jika anda menggelitiki ataupun mengusap wee bot. Kedua model produk digital ini memiliki harga yang berbeda dan model yang berbeda.
Ditinjau dari segi manajemen pemasaran
-          Faktor-faktor personal yang mempengaruhi pembelian aibo, keputusan seorang pembeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi atau faktor umur dan tahapan siklus hidup seperti pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian, dan konsep diri. Dalam hal ini siklus hidup sangat mempengaruhi terutama gaya hidup, kepribadian, situasi ekonomi. Seseorang yang rela membeli robot peliharaan yang menyerupai anak anjing tanpa bulu seharga US$ 2.500 harga yang cukup mahal untuk membeli sebuah barang yang memang “tidak berguna”. Perusahaan mengakui bahwa Aibo memang tidak memiliki kegunaan khusus seperti anjing pada umumnya yang dapat mengambilkan koran, sepatu kepada majikannya. Tetapi Aibo  dapat menyenangkan bagi para pembeli yang menggunakannya. Banyak orang yang sibuk bekerja tetapi memiliki keinginan untuk memiliki hewan peliharaan untuk dapat berinteraksi dan membagi perhatian atau rasa sayang terhadap hewan tsb, namun berfikir tidak sanggup untuk merawatnya, karena kurangnya waktu.  Masalah konsumen seperti itu mungkin ditangkap oleh para pencipta produk digital, sehingga mereka menciptakan produk seperti hewan peliharaan yang dapat merespon, dan berinteraksi walaupun tidah sesempurna hewan asli, ini dapat membantu memuaskan keinginan para pembeli, mereka tidak perlu repot-repot untuk memberikan makan, memandikan, atau membersihkan kandang, sangat praktis dan tidak merepotkan, hanya perlu mempelajari cara berinteraksi dengan mereka.
-          Faktor budaya dan kelas sosial yang mempengaruhi keputusan untuk membeli aibo dan wee bot adalah proses hidup pembeli yang tinggal di lingkungan yang memang sangat appreciated terhadap perkembangan teknologi digital, sehingga memang mengamati perkembangan era digital robot apalagi menemukan jenis robot peliharaan  seperti anak anjing yang dapat bertinteraksi sehingga memunculkan minat untukmembeli dan meilikinya. Kelas sosial adalah pembagian kelompok masyarakat yang relatif permanen dan relatif teratur dimana anggota-anggotanya memiliki nilai, minat, dan perilaku yang serupa ini yang membuat faktor kelas sosial mempengaruhi keputusan pembelian produk ini, kelas sosial biasanya memiliki tingkatan atau tingkatan gengsi untuk memiliki atau membeli barang yang memang jarang dimiliki orang, contoh lain seperti, seorang pencipta digital, atau memang kolektor permainan digital memiliki pendapat untuk mewajibkan mereka membeli barang tsb. Apalagi produk digital ini adalah produk era  baru makhluk digital.
-          Motif  yang membuat seseorang mengambil keputusan untuk membeli dan memiliki jenis robot ini adalah kepuasan pribadi untuk memuaskan keinginannya. Dorongan seperti keinginan untuk memiliki hewan peliharaan yang tidak merepotkan yang dapat menyenangkan mereka dengan respon yang menggemaskan dan dengan mengajaknya berinteraksi yang membuat para pembeli ini tertarik. Kebutuhan untuk lebih mengenal jenis robot ini juga salah satu alasan yang membuat seseorang mengambil keputusan pembelian.
-          Keputusan Sony untuk memilih memasarkan produk Aibo dengan hanya menjualnya di internet, kerana dengan begitu produk dianggap spesial, dan tidak diperjual belikan secara bebas, ini menarik karena mereka orang-orang yang memang memiliki berada pada kelas sosial tertentu tentu senang dan memiliki kepuasan yang tinggi untuk dapat memiliki produk yang tidak sembarangan orang lain punya dan miliki, hanya orang-orang memiiki ketetarikan tertentu yang dapat mengambil keputusan pembelian di internet. Dengan memproduksi dibawah permintaan juda dapat membuat seseorang ntuk lebih cepat mengambil keputusan karena takut kehabisan dan tidak mendapat kesempatan memiliki produk yang diproduksi secara terbatas ini. Ini cukup bijaksana karena jika dijual secara bebas, maka positioning produk ini juga akan berubah secara otomatis. Secara logika ini adalah keputusan penjualan yang bijaksana, disamping hanya orang-orang dengan minat tertentu yang ingin mengetahui model robot pengawal era  hewan digital seperti ini.
-          Penjualan Aibo yang dilakukan Sony hanya melalui internet saja, dan permintaannya ternyata diluar target produksi, saat Sony menawarkan 10.000 Aibo pada bulan November 1999, Sony malah menerima 130.000 pesanan. Ini membuktikan bahwa penjualan melalui internet dapat mempengaruhi tingkat difusi penjualan Produk Robot Hewan peliharaan Digital ini. Apabiila Aibo di pasarkan bukan melalui internet saja, mungkin pengaruh tingkat difusi akan meningkat, tetapi ini mengurangi specialty produk dari Aibo. Dalam menciptakan produk digital yang baru Sony berpotensi untuk dapat mempercepat perkembangan industi robot hiburab ini, karena produk ini sudah memiliki pelanggan terterntu yang jumlahnya tidak sedikit. Jadi jika jumlah permintaan meningkat, maka terbukti bahwa industri baru ini harus lebih dikembangkan dan menjadi peluang baru bagi Sony maupun perusahaan lain untuk menciptakan robot hiburan yang lebih menarik.
-           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar