Kasus perusahaan online
Kls :3b
Tugas :Manajemen Pemasaran
1. 1) Bagaimana internet dapat mengilustrasikan
bekerjanya konsep pemasaran.
Jawab:
Konsep
pemasaran dimana adanya pembeli, penjual, permintaan dan juga adanya penawaran. Di pasar internet atau jaman sekarang lebih sering
disebut dengan pasar online menciptakan ilustrasi pasar seperti pasar pada umumnya
yang menjual berbagai macam barang di suatu tempat dengan pelayanannya yang
beragam, dari system lelang, diskon dan sampai dapat memesan dalam jumlah banyak
laluakan dilakukan pengiriman barang.
Internet hanya mempermudah pemesanan dan pemilihan barang sesuai yang
dibutuhkan oleh konsumen secara praktis dan dapat dilakukan dari mana saja setiap
anda online. Didalam pasar internet juga terdapat penawaran antara pembeli dengan
penjual di dalam internet sama seperti pasar pada umumnya.
2. 2) Jelaskan
bagaimana caranya pasar swalayan (departemen store) pusat perbelanjaan
(shopping center), toko diskon dan toko gudang menciptakan nilai bagi pelanggan?
Jawab:
Pasar
swalayan (departemen store) pusat perbelanjaan (shopping center), took diskon dan
took gudang menciptakan nilai bagi pelanggan dengan mempermudah akes perbelanjaan,
menyediakan berbagai macam jenis barang sehingga konsumen dapat memilih barang
yang sesuai dengan yang mereka ingin kan dengan sangat mudah, juga sering kali
member diskon untuk menurunkan harga agar konsumen dapat tertarik untuk membeli
barang tersebut. Pelayanan pelanggan juga mereka utamakan terutama pada kenyamanan
konsumen yang berbelanja. Ini semua dilakukan untuk menciptakan nilai yang baik
dan bagi kesan yang pelanggan untuk mendapatkan konsumen.
3. 3) Bagaimana
caranya penjual di internet seperti priceline.com, nexTag.com, dan amazon.com
menciptakan nilai bagi konsumen? Bandingkan pada perntanyaan 2.
Jawab:
Tidak
jauh berbeda system penciptaan nilai bagi konsumen antara pasar internet atau pun
pengecer tradisional. Pasar internet menciptakan nilai bagi pelanggan dengan mempermudah
akses berbelanja hanya dalam lingkungan yang berbeda yaitu dengan internet yang
dapat dilakukan dimanapun, di penjuru dunia manapun, dan kapan pun anda ingin berbelanja
tanpa harus mendatangi took tersebut. Kalau pasar tradisional kita dapat melihat
penjualnya sehingga dapat merasakan dengan nyata pelayanan yang di berikan,
tetapi berbeda dengan pasar internet kita tidak dapat bertatapan dengan penjual,
dan pelayanan yang dirasakan hanya dengan penyediaan barang yang dibutuhkan konsumen
dengan mendapatkan tawaran yang diinginkan.
4. 4) Bagaimana
internet menciptakan nilai bagi produsen barang dan jasa?
Jawab:
Internet
menciptakan nilai bagi produsen barang dan jasa denga nmemfasilitasi mereka dengan
mempermudah penjualan melalui situs internet, mempermudah mereka menjual dan menemukan
pelanggan, serta berinteraksi dengan pelanggan secarabaik walau tidak secara langsung
dengan cepat.
5. 5) Dapatkah
perusahaan seperti priceline.com menjualb arang-barang berharga murah seperti barang
grosiran dan panggilan telpon?
Jawab:
Perusahaan
seperti priceline.com dapat menjual barang-barang berharga murah seperti barang
grosiran dan panggilan telpon, tetapi tidak dapat menyediakan barang-barang dengan
tingkat kemurahan yang fantastic, perusahaan ini hanya melayani sesuai kemampuan
pelanggan, jika kemampuan harga yang diinginkan pelanggan terlalu rendah maka priceline
tidak dapat menemukan barang yang sesuai dengan harga yang anda tawarkan. Misalnya
pada pemesanan tiket, andamemesantiketdenganhargasesuaitingkatkemampuananda,
lalu priceline akan mencarikan maskapai penerbangan sesuai tingkat harga yang
andai nginkan.
6. 6) Bagaimana
perusahaan seperti priceline.com dapat dijadikan contoh model baru untuk berhubungan
dengan pelanggan seperti yang dijelaskan dalam bab ini.
Jawab:
Priceline
menawarkan barang bukanhanya berupa barang-barang grosir tapi barang lain seperti
tiket pesawat serta pemesanan hotel, yang tidak pernah dilalukan sebelumnya .lain
halnya dengan yang dilalukan pasaran internet sebelumnya yang menjual banyak barang-barang
eceran dan grosiran. Priceline menyediakan hal yang berbeda yang sangat menarik dan lebih mempermudah pelanggan apa
yang mereka inginkan secara mudah. Dan ini membuat perubahan baru bagi pasaran
internet yang menediakan kebutuhan pelanggan secara luas dan mudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar