Senin, 30 Juli 2012

KASUS Avon Lady Terbaru Barbie


Avon Lady Terbaru  Barbie !
Kelas    :3b
Tugas   : kasus pemasaran III



1)   Siapakah pelaku utama didalam lingkungan mikro Avon dan apakah kekuatan lingkungan makro yang penting dalam menentukan strategi pemasaran.

Jawab:
Pelaku utama didalam lingkungan mikro avon adalah para merketing manajer didalam perusahaan itu karena merekalah yang memasarkan produk kosmetik Avon sehingga produk ini dikenal masyarakat, mereka juga yang menentukan strategi pemasaran seperti apa yang baik digunakan sehingga produk avon dapat di kenal dengan baik dan memiliki banyak pelanggan khususnya pelanggan yang rutin membeli produk Avon ini. lingkungan makro yang penting untuk menentukan strategi pemasaran adalah para sasaran pasar avon yaitu wanita, jadi dalam memasarkan produk kecantikan untuk wanita ini dibutuhkan strategi yang baik agar wanita dapat tersentuh dengan cara pemasaran produk Avon sehingga menimbulkan keinginan bagi mereka untuk membeli dan menggunakan produk Avon.

2)   Apakah faktor lingkungan mikro dan makro yang harus avon dan mattel pertimbangkan untuk memenuhi pasar internasional?

Jawab:
Lingkungan mikro yang perlu di pertimbangakan adalah sumber daya yang berkualiatas yang ada didalam perusahaan Avon baik itu pemasar Avon maupun para petinggi di perusahaan itu yang memegang keputusan strategi pemasaran Avon, serta penggunaan teknologi yang canggih yang harus Avon lakukan untuk meningkatkan kualitas produk. Faktor lingkungan makro yang perlu dipertimbangkan adalah pasar sasaran dari pemasaran produk avon seharusnya seorang manajer pemasaran dapat memposisikan produk Avon di semua kalangan, mungkin produk ini memang tidak diperuntukan bagi laki-laki tetapi produk ini memang dapat digunakan dan tidak dilarang bagi laki-laki. Sehingga tidak ada pengecualian bagi laki-laki dan dapat dingunakan oleh laki-laki yang mungkin membutuhkan produk seperti ini. Jadi marketing manager  harus menentukan positioning produk nya, yaitu produk yang dapat digunakan bagi pria maupun wanita.

3)   Nilailah strategi pemasaran avon di Amerika Serikat. Saran pemasaran apakah yang anda akan berikan untuk memperbaiki strategi pemasaran di pasar Amerika Serikat.

Jawab:
Konsep pemasaran beranggapan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif dari pada pesaing dalam menciptakan, menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih baik kepada pasar sasaran yang dipilih. Tujuan kunci pemasaran adalah mengembangkan hubungan yang dalam dan bertahan lama dengan orang dan organisasi yang dapat dan secara langsung  maupun tidak langsung mempengaruhi aktivitas pemasaran perushaan tsb. Avon telah melakukan perubahan pemasaran untuk memperluas pemasarannya, dari mulai menjalin kedekatan dengan pelanggan yaitu menggunakan teknik multilevel dengan mempekerjakan para wanita yang ingin menambah penghasilan dengan cara berbisnis dengan avon. Dengan cara strategi pemasaran seperti itu dapat membantu penjualan avon dengan cepat, tetapi karna perkembangan wanita amerika yang sekarang berbeda,mereka lebih sering berada di luar rumah karena pekerjaannya, mereka tidak sempat lagi untuk bertemu dengan pelaku multilevel marketing. Maka dampaknya penjualan akan menurun. Untuk memperbaiki strategi pemasran seperti itu maka avon pelu melakukan perubahan strategi baru dengan memudahkan pasar sasaran utama yaitu wanita untuk lebih memudahkan mereka bertemu dengan penjual avon, yaitu melalui toko-toko yang tersebar di lingkungan terdekat mereka sehingga daya tarik mereka untuk membeli  dapat terpenuhi. Dengan membuka toko-toko khusus produk avon dimana didalamnya para konsumen dapat berkomunikasi dengan penjual tetap dengan sangat nyaman.

4)   Pertimbangkan strategi pasar Avon di pasar internasional. Rekomendasi pemasaran apa yang anda buat untuk membantu avon memperbaiki strategi pemasaran di pasar internasional khususnya Cina?

Jawab:
Avon mencoba menerapkan strategi yang mereka anggap baik untuk digunakan yaitu dengan multilevel marketing, memang pada saat penerapan di amerika serikat tidak menjadi masalah malah sangat menguntungkan, tetapi belum tentu jika di pasarkan di tempat lain akan sama karna kita harus berhadapan dengan peraturan didalam negera yang bersangkutan. Untuk membantu memperbaiki strategi pemasaran internasional terutama di cina  avon harus mengikuti aturan yang ada di negara tsb. Agar proses pemasarannya juga berjalan lancar dan mendapat dukungan dari negara tsb. Maka kita harus mengubah strategi penjualan avon yaitu dengan memperluas pasar sasaran di sana dan memperluas tempat untuk melakukan penjualan produk-produk Avon. Mengenai masalah produknya, kita harus menyesuaikan dengan iklim di cina untuk memastikan bahwa produk yang digunakan aman dan telah disesuaikan, juga menyesuaikan kebutuhan masyarakat cina pada umumnya dan  dengan melakukan penelitian sebelumnya. Pemasaran melalui iklan juga berdampak besar bagi pemasaran suatu produk melalui berbagai macam media, terutama televisi, dan berhasil atau tidaknya, diterima atau tidaknya sebuah produk yang diiklankan itu tergantung bagaimana cara pengiklanan itu dapat menyentuh pasar sasaran sehingga dapat dengan mudah diterima oleh pelanggan di dunia nternasional, khususnya di cina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar