Selasa, 31 Desember 2013

Laporan Kunjungan pada PT. Krakatau Tirta Industri

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam seperti tanah, air, tumbuhan dan keanekaraman hayati lainnya. Banyak sekali potensi alam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat domestic maupun non domestic. Investor asing telah menyoroti peluang ini. Salah satu tempat yang memiliki sumberdaya alam berlimpah di Indonesia yaitu di provinsi Banten khususnya kota Cilegon.
Kota Cilegon merupakan kawasan industri, salah satunya adalah PT Krakatau Steel yang memiliki sembilan anak perusahaan dikawasan tersebut, salah satu cabang industrinya adalah PT Krakatau Tirta Industri.
Air merupakan kebutuhan pokok manusia dan semua makhluk yang hidup di bumi. Kebutuhan akan air bersih menjadi semakin penting saat maraknya pencemaran air oleh pabrik industry yang tidak bertanggung jawab akan dampak kerusakan lingkungannya. Hal ini membuat masyarakat sekitar lingkungan tsb harus mencari air yang lebih bersih dan kondisi ini membuat para pengusaha khususnya PT KTI mengolah air yang layak untuk digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat sekitar agar memudahkan mereka menggunakan air yang seharusnya tidak menjadi barang langka, untuk disalurkan langsung kerumah-rumah atau pabrik industri yang menggunakan air sebagai kebutuhan utamanya.karena itu kami memilih PT KTI untuk dikunjungi dalam mata kuliah manajemen pemasaran lanjutan adapun visi dari perusahaan tsb memiliki, yaitu menjadikan sebuah perusahaan penyedia air kelas dunia.
Dalam mata kuliah manajemen pemasaran lanjutan, kami perlu mengkaji bagaimana proses pemasaraan dan operational dari PT KTI sehingga dapat mencapai visinya dengan menjalankan misinya yaitu menyediakan air dan solusinya bagi industry dan masyarakat dengan mengutamakan keharmonisan lingkungan, dengan itu kami melakukan riset/penelitian dengan melakukan kegiatan ‘Kuliah lapangan’ dalam bentuk kunjunagn industry ke PT KTI.


1.2  Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan kuliah lapangan adalah sebagai berikut:
1.      Menambah informasi dan pengalaman seputar dunia industri, khususnya bagian operasional dan pemasaran.
2.      Memberikan pandangan langsung kepada para mahasiswa mengenai lingkungan kerja
3.      Kuliah umum sebagai motivasi peningkatan belajar bagi mahasiswa terhadap kondisi perusahaan yang sesungguhnya.
4.      Melakukan suatu proses belajar mengajar yang dengan suasana baru bagi para mahasiswa.
5.      Sebagai sarana pengukur kemampuan personal di dalam lingkungan keja sesungguhnya
6.      Mengetahui sistem internal perusahaan khususya ruang lingkup pemasaran dalam suatu perusahaan yang menjadi Market Leader Industry Water di Cilegon












BAB II
ISI LAPORAN

2.1              Jenis Kegiatan
Dalam rangka mengakhiri perkuliahan kami mengadakan kuliah lapangan dalam bentuk kunjungan industri. Kegiatan kuliah lapangan ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya bagi kami, dimana kami dipercayai untuk melaksanakan kunjungan ke PT KRAKATAU TIRTA INDUSTRI. Pada saat kegiatan ini berlangsung dengan penuh rasa kebersamaan serta kekeluargaan baik dari peserta kunjungan maupun dari pihak PT KRAKATAU TIRTA INDUSTRI dan beberapa pihak lainnya yang mendukung kegiatan ini. Sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik sesuai rencana awal.
2.2       Tempat dan Waktu Kegiatan :
            Tempat            : PT. Krakatau Tirta Industri Cilegon-Banten
            Waktu             : Selasa, 12 Juni 2012
Pukul              : 09.00 s/d selesai

2.3             Peserta Kegiatan
Kegiatan Kuliah Lapangan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa/i manajemen semester IV kelas B, dengan jumlah 33 orang.

 2.4      HASIL YANG DIPEROLEH
Alhamdulillah, selama kegiatan  berlangsung, kami selaku peserta kegiatan ini mendapatkan pembelajaran yang cukup berarti, baik dalam hal pengetahuan tentang proses pengolahan air maupun wawasan tentang proses pemasaran dari PT Krakatau Tirta Industri.  serta pengalaman menjadi sebuah Perusahaan yang memiliki manajemen yang baik dimana dibutuhkan kerja sama dan komitmen dari berbagai pihak dalam menjalankan kegiatan perusahaan.
Dalam kegiatan ini kami banyak dibantu oleh berbagai pihak, untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada :
1.      Dadang Danusiri (Komisaris Utama)
2.      Kuswanto AT (Komisaris)
3.      Sonata Halim (Komisaris)
4.      Eddy Hariono (Komisaris)
5.      Muhammad Balbeid (Direktur Utama)
6.      J. Rustianto (Direktor Pengembangan Usaha)
7.      Dede Sagira (Direktur Keuangan & SDM)
8.      Ari Stuali (Direktur Operasi)
9.      Daenul hay (Dosen Manajemen Pemasaran)
10.  Dan segenap karyawan PT KRAKATAU TIRTA INDUSTRI
Kami selaku peserta kegiatan sangat  berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkenan membantu serta mendukung acara “KULIAH LAPANGAN” sehingga dapat terlaksana dengan lancar dan sukses, semoga bantuan dan dukungannya mendapat balasan yang setara atau bahkan lebih baik dari Allah SWT.
2.5       Kendala yang dihadapi
            a.         Jam keberangkatan tidak sesuai dengan jam yang telah ditentukan.
b.         Waktu kunjungan  sangat singkat sehingga terkesan kurang memuaskan.
  c.         Penjelasan yang diutarakan oleh pemandu kurang terlalu jelas karena tidak ada penjelasan mengenai air mineral “Quelle”.
2.6       Hasil Kegiatan
1.      Sejarah Singkat
PT Krakatau Tirta Industri yang didirikan pada tanggal 28 Februari 1996, merupakan anak perusahaan yang sahamnya 99,99% dimiliki oleh PT Krakatau Steel (persero) Tbk. Dan 0,01% dimiliki oleh PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC).
Perusahaan ini sebelumnya merupakan unit penunjang kegiatan operasional PT Krakatau Steel (persero) dalam bidang penyediaan air bersih yang mulai beroperasi sejak tahun 1978.
Sebagian besar dari air bersih yang dihasilkan digunakan untuk kebutuhan industri dan sebagian lagi untuk kebutuhan masyarakat Kota Cilegon. Air baku diambil dari sungai Cidanau yang berasal dari danau alam “Rawa Dano”. Dialirkan melalui pipa diameter 1,4 m sepanjang kurang lebih 28 kmuntuk diolah menjadi air bersih di unit Pengolahan Air, terdiri dari beberapa tahapan proses antara lain Koagulasi, Flokulasi, Sedimentasi, Filtrasi, yang diikuti dengan Netralisasi dan Disinfeksi.
Kapasitas terpasang unit pengolahan air adalah sebesar 2000 lt/detik, dengan utilasi kapasitas 60 %.
Dari segi pemasaran,
1.      Luas wilayah pelayanan PT Krakatau Tirta Industri di kota Cilegon dan sekitarnya kurang lebih 225 km dengan tingkat konsumsi pada tahun 2009 kurang lebih 1200 liter/detik .
2.      Pelanggan terbesar PT Krakatau Tirta Industri saat ini adalah PT Krakatau Steel, namun demikian untuk meningkatkan kinerja perusahaan, usaha peningkatan penjualan diarahkan kesektor industry lain dengan tetap memperhatikan pengembangan PT Krakatau Steel dan group serta masyarakat sekitarnya.
3.      Market share PT Krakatau Tirta Industri pada tahun 2010 melayani 81% dan diusahakan dengan cara :
-          memperluas jaringan pipa distribusi air bersih dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan
-          menjaga mutu air sesuai dengan Permenkes No. 416/Menkes/Per/IX/1990
-          Menjaga kualitas dan kontinuitas suplai air.
4.      Untuk memantapakan positioning, PT Krakatau Tirta Industri berusaha untuk menguasai teknologi air bersih dan limbah, khususnya bidang manajemen perawatan serta rekayasa teknologi air bersih dan air limbah sehingga mampu jadi perusahaan yang handal.
5.      Melakukan divesifikasi usaha, khususnya di bidang yang berkaitan dengan air bersih dan air limbah, serta perdagangan peralatan industry air.
Dari segi pengembangan usaha,
            Dalam rangka menjalankan misi dan tujuan perusahaan, PT Krakatau Tirta Industri telah menetapkan arah pengembangan strategis perusahaan, yaitu:
1.         Memenuhi kebutuhan air bersih PT Krakatau Steel & Group dan industri lainnya di Kawasan Cilegon serta memperluas cakupan pelayanan ke Ciwadan, Merak dan Bojonegara.
2.         Optimalisasi kapasitas yang ada melalui modifikasi dan penambahan fasilitas.
3.         Diversifikasi usaha yang sesuai dengan bisnis inti.
4.         Menjaga Kelestarian alam dan penghematan energy melalui upaya-upaya konservasi alam dan optimalisasi.
Program Pelestarian Sumber Air Baku, melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah (Pemda, Kehutanan, Pekerja Umum), Lembaga Pendidikan Tinggi dan lain-lain yang terkait dalam melestarikan Rawa Dano antara lain dengan:
a.         Ikut dalam penataan daerah tangkapan air di lingkungan Rawa Dano dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidanau,
b.         Melakukan optimalisasi Sungai Cidanau,
c.         Pembersihan Gulma Air,
d.         Pengangkatan Lumpur,
e.         Normalisasi alur sungai
Program Pengembangan
a.         Mengembangkan Sistem Informasi manajemen,
b.         Pengembangan teknologi  Mini Water Treatment Plant,
c.         Pengembangan teknologi pengolahan air limbah dan lumpur,
d.         Mencari sumber air baku baru.

 






6.      Dokumentasi

 Plant Cidanau

Rumah Pompa I -Cidanau (PUMP STATION I )
PS1.png

DAS Cidanau

CIDANAU dengan luas 22.620 hektare merupakan daerah aliran sungai (DAS) yang memiliki andil penting dalam mendukung kontinuitas pembangunan di Provinsi Banten, khususnya di wilayah Serang Barat dan Kota Cilegon, dengan potensi debit rata-rata 2.000 liter per detik.
DAS.png
Selain memiliki sumber daya air yang sangat potensial, DAS Cidanau memiliki situs konservasi yang endemik, yaitu Rawa Danau - kawasan rawa seluas 2.500 hektare dan ditetapkan sebagai cagar alam oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 16 November 1921. Kemudian Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 32 Tahun 1990 tentang Pengelolaan Kawasan Lindung, Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat Nomor 2 Tahun 1996 tentang Pengelolaan Kawasan Lindung, dan Perda Kabupaten Serang Nomor 2 Tahun 1994 tentang Pola Dasar Kabupaten Serang yang menetapkan Rawa Danau sebagai kawasan cagar alam.
DAS1.png
Selama ini pengelolaan DAS Cidanau dilakukan secara parsial dan individual baik dalam perencanaan maupun tataran implementasinya. Kemudian sejak Banten dijadikan provinsi pemerintah mulai membuka mata terhadap nilai-nilai strategis yang dimiliki DAS Cidanau, setelah muncul konflik kepentingan antara daerah wilayah tangkapan dengan daerah wilayah pemanfaat. Pengelolaan yang maksimal terhadap DAS Cidanau dianggap penting oleh Pemerintah Provinsi Banten untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk mendukung cita-cita ini, Pemprov Banten menilai pengelolaan DAS Cidanau akan berhasil kalau dilakukan secara terintegrasi dengan mengacu pada konsep one river basin, one plan and one management.
DAS2.png
Singkatnya pengelolaan DAS Cidanau didasarkan pada prinsip satu kesatuan ekosistem, prinsip ekonomi, dan prinsip balans antara ekonomi dan ekologi. Selain itu strategi pegelolaan kawasan konservasi ini antara lain, mengamankan perairan DAS Cidanau termasuk keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya, memantau ekosistem DAS Cidanau yang meliputi kondisi dan dinamika fisik, kimia, bilogi perairan dan pemanfaatan potensinya bagi masyarakat, serta memanfaatkan ekosistem DAS Cidanau secara lestari dan seimbang bagi kepentingan masyarakat.

Atas dasar pertimbangan di atas, stakeholder yang terlibat dalam pengelolaan dan pemanfaatan DAS Cidanau merancang dan menerapkan program konservasi terpadu.

Untuk mendukung upaya ini, Pemerintah Provinsi Banten merasa perlu untuk membentuk satu forum. Maka terbentuklah Forum Komunikasi DAS Cidanau (FKDC) yang mendapat legitimasi lewat Surat Keputusan Gubernur Banten No.124/Kep.64-Huk/02 tanggal 24 Mei 2002. Pembentukan forum ini bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai perencanaan pengelolaan dan pemanfaatan DAS Cidanau, baik dari berbagai stakeholder, pemerintah provinsi, Kabupaten/Kota, Swasta maupun masyarakat.

Waduk Nadra

Waduk Krenceng (PUMP STATION II)
WADUK.png
Berfungsi sebagai cadangan air baku, luas waduk + 1 Km2, Kapasitas penyimpanan efektif 3,0 juta m3, dengan fasilitas 5 buah pompa Centrifugal vertikal dengan kapasitas pompa masing-masing 1,850 m3/jam.
WADUK2.png

WADUK3.png
Distribusi
Distribusi
Luas Wilayah pelayanan (Industrial Water) PT.Krakatau Tirta Industri di Kota Cilegon dan sekitarnya + 225 km2 dengan tingkat konsumsi pada tahun 2010 kurang lebih 1,200 Lt/Detik.
Coverage Area
Cakupan wilayah pendistribusian Air bersih dari PT.Krakatau Tirta Industri meliputi beberapa wilayah, diantaranya
  • Cigading & Ciwandan
  • D Flat
  • KIEC I
  • KIEC II
  • KS Plant
  • Merak
  • Other
  • Perum GM
  • Plant KTI/Krenceng
  • Sumampir
Market Share (Industrial Water) PT.Krakatau Tirta Industri di Wilayah Cilegon pada tahun 2010 melayani 77 % dengan terus meningkatkan ;
  • Memperluas Jaringan pipa Distribusi air bersih dan meningkatkan pelayanan kepada Pelanggan.
  • Menjaga Mutu air seuai dengan Permenkes No.416/Menkes/Per/IX/1990.
  • Menjaga kualitas dan Continuitas suplai Air
Melakukan Diversifikasi usaha, khususnya di bidang yang berkaitan dengan air bersih dan air limbah, serta perdagangan peralatan.

BAB III
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
PT Krakatau Steel adalah perusahaan terbesar di Indonesia dalam produksinya sebagai produsen besi yang banyak dibutuhkan dalam kegiatan manusia. PT Krakatau Steel itu sendiri memiliki banyak anak perusahaan di berbagai daerah. Sebagai industri terbesar di Indonesia, PT Krakatau Steel tetap peduli dengan keadaan lingkungan sekitarnya dalam hal sosial, seperti membantu masyarakat yang berada disekitar lokasi pabrik.
Dengan adanya kunjungan tersebut, mahasiswa/i lebih bisa memahami dan mengenal lagi bagaimana cara mesin-mesin tersebut beroperasi. Dengan adanya penelitian mulai dari terjun ke lapangan atau pabrik PT Krakatau Steel, kita bisa melihat langsung bagaimana cara pabrik menghasilkan suatu produksi. Mulai dari bahan mentah, menjadi bahan setengah jadi, hingga akhirnya menjadi barang jadi. Di dalam perusahaan ini membutuhkan banyak pemikiran yang dilakukan. Perusahaan tersebut dimulai dari dasar dahulu. Dari bahan baku yang digunakan tidak sembarangan memilihnya. Prosesnya pun dari dahulu hingga sekarang semakin ditingkatkan. Dari segi ketelitian, ketepatan, kelengkapan peralatan, tenga kerja yang dipekerjakan pun tidak sembarangan. Hanya mereka yang memiliki kemampuan di bidang tekhnik, administrasi, dan manajemen yang bisa bekerja di perusahaan tersebut. Keselamatan kerja sangat diutamakan di dalam kegiatan bekerja di perusahaan KS tersebut. Beratnya pekerjaan mereka tidak melupakan sikap ramah terhadap tamu yang datang. Para pekerja diajarkan disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. PT Krakatau Steel saat ini pun terus meningkatkan jumlah produksinya demi mencapai kepuasan para pelanggan.





3.2       Saran
      Kami sangat senang diperbolehkan berkunjung ke PT Krakatau Steel, dan memperoleh sebuah pengalaman dan pelajaran. Mungkin tidaklah mudah untuk melakukan kunjungan seperti ini, tapi sayangnya kami tidak dapat melihat secara detail maupun lebih spesifik lagi dari proses produksi yang dilakukan di PT Krakatau Tirta Industri. Seharusnya pendidikan diberikan secara menyeluruh di seluruh para pelajar di mana agar mereka lebih bisa berpotensi dari apa yang mereka dapat. Kalau bisa, kunjungan diperluas lagi supaya para pengunjung terutama pelajar bisa lebih berpotensi untuk bisa lebih bergabung ke PT Krakatau Tirta Industri. Dan penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak Daenulhay sebagai dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Lanjutan, selain itu penulis pun mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana kegiatan ‘Kunjungan Perusahaan’ ke PT. Krakatau Tirta Industri, dan untuk teman-teman yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ‘Kunjungan Perusahaan’, semoga kita dapat bersama-sama mengambil ilmu dan hikmah selama diperjalanan. 


2 komentar:

  1. kalau mau kunjungan ini menghubungi siapa ya? ada infonnya? mohon infonya terkait kunjungan jika ada ke pujimentarisuripto@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus