Selasa, 31 Desember 2013

Mereview Jurnal Kewirausahaan


MK     : Kewirausahaan
Kelas   : 5b
MERIVIEW JURNAL KEWIRAUSAHAAN MENGENAI

Penggunaan Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik pada
Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur

1.      JUDUL PENULISAN
“Penggunaan Teknologi Internet Dalam Sistem Penjualan Online Untuk Meningkatkan Kepuasan Dan Pembelian Berulang Produk Batik Pada  Usaha Kecil Dan Menengah Di Jawa Timur.”

2.      PENULIS/PENELITI
 Muslichah Erma Widiana, Henky Supit, Sri Hartini

3.      MASALAH PENELITIAN
pengaruh teknologi internet dalam sistem penjualan online untuk meningkatkan kepuasan (satisfaction) dan pembelian berulang produk batik pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Timur. Sejumlah masalah yang akan dikaji adalah mengenai keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap keyakinan akan kemanfaatan, keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap kepuasan, keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap pembelian berulang, keyakinan akan kemanfaatan dan pengaruhnya terhadap kepuasan, keyakinan akan keman-faatan dan pengaruhnya terhadap pembelian berulang, kepuasan dan pengaruhnya terhadap pem-belian berulang.
4.      TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kausal dari penggunaan strategi CRM terhadap marketing outcomes (MO).

5.      VARIABEL PENELITIAN
Variabel-variabel dalam penelitian ini dikenal sebagai variabel laten, yang diklasifikasikan sebagai:
-          variabel eksogen yang diukur oleh keyakinan akan kemudahan (X1) dan
-          variabel endogen yang terdiri dari variabel endogen intervening dan diukur oleh keyakinan akan kemanfaatan (X2) dan
-          kepuasan (Y1), serta
-          variabel endogen tergantung yang diukur oleh pembelian berulang (Y2).

6.      METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian ini dirancang sebagai penelitian expla-natory, karena bertujuan untuk menjelaskan pengaruh hubungan-hubungan sebab dan akibat diantara variabel-variabel didalam permasalahan penelitian yang telah diidentifikasi secara jelas (Zigmund, 1997). Jenis data pada penelitian ini adalah data cross-section, yaitu pengambilan data pada waktu tertentu bukan jangka panjang (longitudinal). Berdasarkan model penelitian yang dibangun, maka pendekatan analisisnya adalah multivariate, dengan 4 variabel laten dan 11 indikator.

7.      MODEL PENELITIAN
Penulis ingin mengkaji lebih mendalam peng-aruh teknologi internet dalam sistem penjualan online untuk meningkatkan kepuasan (satisfaction) dan pembelian berulang produk batik pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Timur. Sejumlah masalah yang akan dikaji adalah mengenai keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap keyakin-an akan kemanfaatan, keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap kepuasan, keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap pembelian berulang, keyakinan akan kemanfaatan dan penga-ruhnya terhadap kepuasan, keyakinan akan keman-faatan dan pengaruhnya terhadap pembelian ber-ulang, kepuasan dan pengaruhnya terhadap pem-belian berulang.

8.      HIPOTESIS
 keyakinan akan kemudahaan berpengaruh signifikan terhadap keyakinan akan kemanfaatan dan pembelian berulang, keyakinan akan kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan pembelian berulang, serta kepuasan berpengaruh signifikan terhadap pembelian berulang.

9.      HASIL PENELITIAN
Jika dikaitkan dengan TAM yang dikembangkan oleh Davis (1989), hasil penelitian ini memberikan kontri-busi pada pengembangan TAM. Kontribusi yang di-berikan adalah pada awalnya TAM bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara keyakinan, sikap pengguna, niat dan perilaku aktual
.
10.  IMPLIKASI MANAJERIAL
CRM adalah proses mengidentifikasi pelanggan, menciptakan customer knowledge, membangun cus-tomer relationships, dan membentuk persepsi pelanggan terhadap organisasi serta solusinya (Srivastava & Fahey, 1999). CRM merupakan stra-tegi yang difasilitasi teknologi untuk mengubah keputusan berbasis data menjadi tindakan bisnis dalam rangka merespons dan mengantisipasi perilaku pelanggan aktual, merupakan dinamika perubahan strategis, proses, organisasional, dan teknis yang dilakukan organisasi dalam rangka mengelola per-usahaannya secara lebih baik dan selaras dengan perilaku pelanggan (Brown, 2000).

11.  KETERBATASAN
beberapa keterbatasan penelitian dan masukan untuk penelitian selanjutnya:
1. Hasil penelitian ini mengembangkan model konseptual baru model TAM–MO. TAM pada penelitian ini tidak menyertakan variabel eksternal sebagai mediator dari dampak karakteristik sistem dan kualitas output yang dirasakan pada perilaku penggunaan.
2. Hasil penelitian ini memberikan temuan imple-mentasi model CRM melalui tiga ruang lingkup kajian, yaitu operasional, strategis dan analitis. Namun penelitian ini belum mengkaji secara empirik ketiga lingkup kajian tersebut pada TAM-MO. Agenda penelitian mendatang dapat dilaku-kan penelitian untuk menjelaskan secara empirik ruang lingkup kajian CRM, yaitu operasional, strategis, dan analitis terhadap TAM-MO.
3. Urgensi penelitian berkaitan dengan perbandingan pemasaran secara online dan secara konvensional (offline).



2 komentar: