MK : Kewirausahaan
Kelas : 5b
MERIVIEW JURNAL KEWIRAUSAHAAN
MENGENAI
Penggunaan
Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan
Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik pada
Usaha
Kecil dan Menengah di Jawa Timur
1. JUDUL
PENULISAN
“Penggunaan Teknologi Internet Dalam Sistem
Penjualan Online Untuk Meningkatkan Kepuasan Dan Pembelian Berulang
Produk Batik Pada Usaha Kecil Dan
Menengah Di Jawa Timur.”
2.
PENULIS/PENELITI
Muslichah
Erma Widiana, Henky Supit, Sri Hartini
3.
MASALAH
PENELITIAN
pengaruh
teknologi internet dalam sistem penjualan online untuk meningkatkan
kepuasan (satisfaction) dan pembelian berulang produk batik pada Usaha
Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Timur. Sejumlah masalah yang akan dikaji
adalah mengenai keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap keyakinan
akan kemanfaatan, keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap
kepuasan, keyakinan akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap pembelian berulang,
keyakinan akan kemanfaatan dan pengaruhnya terhadap kepuasan, keyakinan akan
keman-faatan dan pengaruhnya terhadap pembelian berulang, kepuasan dan
pengaruhnya terhadap pem-belian berulang.
4.
TUJUAN
PENELITIAN
Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kausal dari penggunaan strategi CRM
terhadap marketing outcomes (MO).
5.
VARIABEL
PENELITIAN
Variabel-variabel
dalam penelitian ini dikenal sebagai variabel laten, yang diklasifikasikan
sebagai:
-
variabel eksogen yang diukur oleh keyakinan akan
kemudahan (X1) dan
-
variabel endogen yang terdiri dari variabel
endogen intervening dan diukur oleh keyakinan akan kemanfaatan (X2) dan
-
kepuasan (Y1), serta
-
variabel endogen tergantung yang diukur oleh
pembelian berulang (Y2).
6.
METODOLOGI
PENELITIAN
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian expla-natory,
karena bertujuan untuk menjelaskan pengaruh hubungan-hubungan sebab dan akibat
diantara variabel-variabel didalam permasalahan penelitian yang telah
diidentifikasi secara jelas (Zigmund, 1997). Jenis data pada penelitian ini
adalah data cross-section, yaitu pengambilan data pada waktu tertentu
bukan jangka panjang (longitudinal). Berdasarkan model penelitian yang
dibangun, maka pendekatan analisisnya adalah multivariate, dengan 4
variabel laten dan 11 indikator.
7.
MODEL
PENELITIAN
Penulis
ingin mengkaji lebih mendalam peng-aruh teknologi internet dalam sistem
penjualan online untuk meningkatkan kepuasan (satisfaction) dan
pembelian berulang produk batik pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa
Timur. Sejumlah masalah yang akan dikaji adalah mengenai keyakinan akan
kemudahan dan pengaruhnya terhadap keyakin-an akan kemanfaatan, keyakinan
akan kemudahan dan pengaruhnya terhadap kepuasan, keyakinan akan kemudahan dan
pengaruhnya terhadap pembelian berulang, keyakinan akan kemanfaatan dan penga-ruhnya
terhadap kepuasan, keyakinan akan keman-faatan dan pengaruhnya terhadap
pembelian ber-ulang, kepuasan dan pengaruhnya terhadap pem-belian berulang.
8.
HIPOTESIS
keyakinan akan kemudahaan berpengaruh
signifikan terhadap keyakinan akan kemanfaatan dan pembelian berulang, keyakinan
akan kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan pembelian
berulang, serta kepuasan berpengaruh signifikan terhadap pembelian berulang.
9.
HASIL
PENELITIAN
Jika
dikaitkan dengan TAM yang dikembangkan oleh Davis (1989), hasil penelitian ini
memberikan kontri-busi pada pengembangan TAM. Kontribusi yang di-berikan adalah
pada awalnya TAM bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara keyakinan,
sikap pengguna, niat dan perilaku aktual
.
10. IMPLIKASI MANAJERIAL
CRM
adalah proses mengidentifikasi pelanggan, menciptakan customer knowledge, membangun
cus-tomer relationships, dan membentuk persepsi pelanggan terhadap
organisasi serta solusinya (Srivastava & Fahey, 1999). CRM merupakan
stra-tegi yang difasilitasi teknologi untuk mengubah keputusan berbasis data
menjadi tindakan bisnis dalam rangka merespons dan mengantisipasi perilaku
pelanggan aktual, merupakan dinamika perubahan strategis, proses,
organisasional, dan teknis yang dilakukan organisasi dalam rangka mengelola
per-usahaannya secara lebih baik dan selaras dengan perilaku pelanggan (Brown,
2000).
11. KETERBATASAN
beberapa
keterbatasan penelitian dan masukan untuk penelitian selanjutnya:
1. Hasil penelitian ini
mengembangkan model konseptual baru model TAM–MO. TAM pada penelitian ini tidak
menyertakan variabel eksternal sebagai mediator dari dampak karakteristik
sistem dan kualitas output yang dirasakan pada perilaku penggunaan.
2. Hasil penelitian ini
memberikan temuan imple-mentasi model CRM melalui tiga ruang lingkup kajian,
yaitu operasional, strategis dan analitis. Namun penelitian ini belum mengkaji
secara empirik ketiga lingkup kajian tersebut pada TAM-MO. Agenda penelitian
mendatang dapat dilaku-kan penelitian untuk menjelaskan secara empirik ruang
lingkup kajian CRM, yaitu operasional, strategis, dan analitis terhadap TAM-MO.
3.
Urgensi penelitian berkaitan dengan perbandingan pemasaran secara online dan
secara konvensional (offline).
nice materinya kak.
BalasHapusMy blog
izin copas
BalasHapus